Belajar financial planning menjadi satu ilmu yang sangat penting untuk anda miliki. Alasannya karena berkembangnya zaman maka gaya hidup seseorang juga semakin mengalami perkembangan dan menjadi semakin konsumtif, naiknya inflasi yang pada akhirnya membuat kebutuhan hidup juga semakin mahal setiap tahunnya. Nah untuk membantu anda mengatasi masalah ini melakukan perencanaan keuangan menjadi sangat penting. Ada banyak sekali produk finansial dan investasi yang ditawarkan dengan tujuan untuk membantu dalam mensejahterakan hidup. Nah untuk anda yang masih penasaran seberapa penting belajar dari perencanaan keuangan maka berikut adalah beberapa diantaranya :

Melindungi diri dari resiko keuangan

Dalam siklus hidup normalnya seseorang oas  pernah merasa masa naik dan turun. Dan tidak bisa dipungkiri jika semuanya memang sangat berhubungan dengan uang. Dan dalam situasi seperti itu, memang keuangan masih bisa anda atasi dengan bantuan ketika anda sudah mendapatkan ilmu dengan belajar financial planning. Masalh penting dan darurat dalam hubungan dengan finansial akan terasi dengan lebih baik. Bahkan ketika anda mengalami kehilangan pekerjaan, sakit keras dan kecelakaan setidaknya semua dana sudah direncanakan. 

Melunasi hutang

Sangat baik jika anda memiliki investasi, baik itu pasar modal, bisnis, barang berharga hingga properti. Namun ada banyak diantara anda yang masih memiliki hutang yang cukup besar. Hal ini sebenarnya satu hal penting untuk anda cari jalan keluarnya. Akan sangat merugi jika uang yang seharusnya anda gunakan untuk mengumpulkan aset dan melakukan investasi justru harus habis karena harus membayarkan hutang dan bunga. Nah untuk itu, dalam belajar perencanaan memang akan anda dapatkan ilmu dalam menghapus utang sehingga anda bisa melakukan investasi dengan lebih aman. 

Sebagai biaya untuk membesarkan anak

Sebagai orang tua nantinya, tentu saja anda ingin memberikan semua yang terbaik. Nah itulah mengapa memang porsi yang cukup besar untuk anggaran harus anda terapkan agar anda bisa membesarkan anak sehingga anak bisa hidup nyaman. Biaya hidup selama 20-25 tahun anak harus sudah anda rencanakan mulai dari biaya lahir, pendidikan hingga pernikahan. Dengan belajar financial planning ini setidaknya anda sudah memiliki bayangan berapa biaya yang akan anda butuhkan nantinya untuk membiaya hidup anak anda. 

Anda bisa membeli aset, kendaraan hingga properti

Perencanaan keuangan juga akan membantu anda untuk membeli aset terutama adalah rumah. Selian memang anda gunakan sebagai tempat tinggal, sebenarnya rumah juga menjadi aset dengan nilai tambah dalam waktu ke waktu. Nah jika anda memang ingin memiliki tambahan aset lain seperti kendaraan hingga lainnya dengan gaji yang minimal, maka memiliki sedikit ilmu dalam belajar financial planning sangat akan memberikan anda solusi sehingga keinginan anda untuk membeli aset juga bisa tercapai dengan lebih mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *