Untuk bisa hamil tentunya Anda harus mengetahui masa subur sehingga hubungan seksual bisa lebih efektif dan juga lebih efisien. Cara mengetahuinya bagaimana? salah satunya yaitu dengan menggunakan alat tes masa subur wanita yang banyak dijual di apotek terdekat. Cara menggunakannya alat tes masa subur wanita bagaimana? Caranya akan dibahas di bawah ini:

  1. Menampung Urine Terlebih Dahulu Pada Wadah

Yang pertama dan yang paling utama adalah penggunaan alat tes masa subur wanita ini adalah menampung urine Anda pada suatu wadah. Mengapa urine? karena pada masa subur hormon LH akan diproduksi lebih banyak yang bisa dideteksi dengan menggunakan urine. Alat akan mendeteksi adanya peningkatan produksi hormon LH ini sehingga hasilnya akan terlihat.

Kapan sebaiknya menampung urine tersebut? Anda bisa mengeceknya pada sekitar pukul 11 sampai pada pukul 15 dan sebaiknya dilakukan dua kali sehari untuk hasil yang akurat. Bukan kah boros? Lakukan pada waktu-waktu perkiraan subur sehingga tidak dilakukan setiap hari. Anda tidak perlu melakukan cek menjelang maupun sesudah menstruasi akan tetapi di tengah-tengah siklus saja.

  1. Celupkan Strip Sesuai Petunjuk

Setelah urine sudah tertampung maka Anda bisa langsung mengeceknya. Caranya bagaimana? Tinggal buka saja kemasan dari alat tersebut dan ambil alatnya. Setelah itu bisa Anda celupkan langsung ke dalam urine yang telah ditampung sebelumnya. Celupkan ujungnya saja dan jangan sampai melebihi garis MAX yang sudah ada di alat tersebut.

Tahan pencelupan sampai kira-kira setengah menit agar alat dapat mendeteksi dengan lebih akurat. Jika kurang lebih setengah menit strip telah dicelupkan maka akan berangsur-angsur menunjukkan hasilnya. Hasilnya ini bisa muncul bahkan sebelum 10 menit sehingga sangat cepat memberikan jawaban bagi Anda apakah sedang subur atau tidak.

  1. Baca Hasilnya

Setelah itu maka Anda tinggal membaca saja hasilnya. Bagaimana cara membacanya. Jika muncul sebuah garis pada garis kontrol maka hasilnya negatif atau tidak sedang subur. Begitu juga apabila pada alat tes tersebut menunjukkan garis pada garis tes lebih terang dari garis kontrol maka Anda juga tidak mengalami ovulasi atau kesuburan.

Namun jika alat tersebut menunjukkan pada satu garis pada garis tes maka hasilnya tidak valid atau perlu dilakukan pengetesan ulang dengan menggunakan alat yang baru. Dan jika muncul garis pada garis tes memiliki warna yang sama terang dengan garis kontrol atau bahkan lebih gelap maka bisa dipastikan Anda sedang subur. 

Itulah penjelasan mengenai bagaimana cara membaca alat tes masa subur agar tidak salah dan lebih akurat.  Caranya sangat sederhana seperti cara melakukan pengecekan kehamilan. Dengan penjelasan di atas diharapkan Anda bisa memahami langkah-langkahnya dan selamat mencobanya sendiri di rumah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *