Mengenal metaocean survey untuk perencanaan pemasangan pipa atau kabel bawah laut tentu anda harus mengetahui seperti apa proses pemasangan kabel di bawah laut. Sebab dalam memasang kabel di bawah laut pun tak mudah tentu membutuhkan orang yang berpengalaman di bidangnya. 

Rata – rata kabel yang dipasang di bawah laut memiliki panjang yang lumayan. Ada yang sepanjang 6 km ataupun ada pula kabel dengan panjang yang lebih dari itu. Untuk mengetahuinya mudah, anda bisa menyimak artikel di bawah ini:

Dengan Kabel Optik

Biasanya kabel yang akan dipasangkan di bawah laut merupakan kabel optik, dipasang menggunakan metaocean survey untuk perencanaan pemasangan pipa atau kabel bawah laut. Kabel optik ini merupakan kabel bawah laut yang bisa digunakan untuk menyambungkan internet. Sebab jika kabel optik terputus maka internet akan menghilang. 

Tentu bisa dibayangkan bagaimana jadinya jika hidup tanpa internet. Dalam memasukkan kabel optik ke bawah laut tentu dibutuhkan penggalian tanah. Nanti kabel optik akan dimasukkan secara perlahan melalui lubang tanah yang sudah digali. 

Kabel Di Laut

Tetapi jika berada di laut, tentu anda tidak perlu susah payah dalam menggali. Sebab kabel itu cukup dibentangkan saja bermil – mil laut. Pada dasarnya kabel optik merupakan serat optik yang bersifat plastik dan sudah biasa digunakan untuk pemasangan kabel bawah laut. 

Perlu diketahui kabel ini memiliki serat yang lebih tipis dibandingkan dengan sehelai rambut. Kabel ini berguna untuk mentransmisi sinyal cahaya dari satu tempat ke tempat lain. Dan sumber cahaya yang digunakan berupa laser dan led. 

Sedangkan pembentangan kabel ini sudah dilakukan oleh kapal – kapal khusus yang sudah dirancang sedemikian rupa. Kapal yang digunakan bukan hanya satu melainkan ada banyak kapal yang memiliki tugas untuk meletakkan kabel tersebut ke dasar laut. 

Selain ada kapal yang membentangkan kabel, melainkan ada juga kapal yang berfungsi untuk memperbaiki kabel yang rusak. Contohnya seperti kabel yang sudah tidak berfungsi dengan baik akan langsung diperbaiki. 

Pemasangan Repeater

Biasanya setiap jarak 4 – 6 kilometer akan dipasangkan benda bernama repeater yang berfungsi untuk memperkuat sinyal pada kabel tersebut. Selain kapal tersebut, ada pula robot yang berfungsi untuk melihat kabel yang sudah dipasangkan di dasar laut. 

Bahkan alat ini digunakan sebagai alat untuk memeriksa kabel secara berkala. Sehingga anda tetap bisa mengontrol kabel walaupun dengan jarak yang jauh. Kehadiran alat ini pun memudahkan berbagai pihak dalam mengontrol apakah ada kerusakan yang terjadi atau tidak. 

Dalam memasang kabel di bawah laut tentu ada banyak proses yang dilalui termasuk metaocean survey untuk perencanaan pemasangan pipa atau kabel bawah laut. Bagi anda yang sering menggunakan internet jangan sampai lupa kalau kabel berperan penting dalam internet. Terutama bagi internet yang saat ini sedang anda gunakan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *